PELAKSANAAN PERAWATAN SOSIAL DAN TERAPI DI LKS-LU

PELAKSANAAN PERAWATAN SOSIAL DAN TERAPI DI LKS-LU

PELAKSANAAN PERAWATAN SOSIAL DAN TERAPI DI LKS-LU KABUPATEN/KOTA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Salah satu komponen bantuan sosial Progres LU Tahun 2020 adalah perawatan sosial dan terapi bagi lanjut usia penerima manfaat, kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan kasih sayang kelekatan, keselamatan, kesejahteraan yang permanen dan berkelanjutan guna meningkatkan kualitas hidup, dan berperan secara aktif dilingkungan sosial. Adapun bentuk kegiatan dari perwatan sosial adalah individu maupun berkelompok baik yang dilakukan dilingkungan keluarga maupun di luar lingkungan keluarga. Kemudian kegiatan terapi bertujuan mengoptimalkan fungsi fisik, mental spiritual, psikososial dan penghidupan berdasarkan hasil asesmen pendamping LKS-LU. Adapun bentuk kegiatan adalah fisik, mental spiritual, psikososial dan terapi untuk penghidupan. Dalam kegiatan perawatan sosial dan terapi peran keluarga dan pendamping sangat penting yaitu membantu LKS-LU untuk melaksanakan pengamatan, pembimbingan, mencatat dan melaporkan penanganan lanjut usia.

IMG-20200909-WA0047.jpg

Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) di Provinsi Kalimantan Tengah dibeberapa kabupaten yaitu LKS-LU Mutiara Hati dan Tulus Hati Kota Palangka Raya, LKS-LU Uluh Bakas Kotawaringin Timur dan LKS-LU Gunung Mas sejak bulan Agustus telah melaksanakan kegiatan perawatan sosial dan terapi. Bentuk kegiatan pun berbeda-beda setiap LKS akan tetapi tujuan nya sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

IMG-20200909-WA0051.jpg

LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya bentuk kegiatan berupa senam dan acara kerohanian (pengajian rutin dengan mendatang kan penceramah agama/ustadz) serta kunjungan langsung kerumah lanjut usia untuk pengecekan kondisi kesehatan dan sosial lanjut usia. Sementara LKS-LU Tulus Hati Kota Palangka Raya, LKS-LU Kabupaten Gunung Mas dan LKS-LU Uluh Bakas Kotawaringin Timur bentuk kegiatan adalah kunjungan rutin kerumah lanjut usia untuk pengecekan kesehatan yang terdiri dari pemeriksaan tekanan darah,pemeriksaan gula darah dan asam urat serta memberikan injeksi supplement, membagikan masker, dan handsanitizer dan vitamin kepada lanjut usia.

IMG-20200909-WA0010.jpg

Dalam masa pandemic covid-19 kegiatan ini mengikuti protocol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau membawa handsanitazer. Dalam kegiatan perawatan sosial dan terapi ini pendamping LKS-LU juga menyampaikan terkait pentingnya berada dirumah (stay home) untuk para lanjut usia, menjaga pola hidup sehat dan memakan makanan bernutrisi sebagai upaya pencegahan meningkatnya jumlah kasus covid-19.

Gambar Berkaitan