PENYALURAN BANTUAN SOSIAL PROGRES LU (LANJUT USIA)TAHUN 2020

PENYALURAN BANTUAN SOSIAL PROGRES LU (LANJUT USIA)TAHUN 2020

PENYALURAN BANTUAN SOSIAL PROGRES LU (LANJUT USIA)TAHUN 2020 KEMENTERIAN SOSIAL REPUBLIK INDONESIA MELALUI LKS-LU KALIMANTAN TENGAH

Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (Progres LU) merupakan program dari kementerian sosial melalui Balai Rehabilitasi Sosial Gau Mabaji bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas dan tanggung jawab sosial lanjut usia, daripada pemberian perawatan (care). Esensi rehabilitasi sosial melalui pemulihan dan pengembangan diberikan kepada lanjut usia yang mengalami disfungsi sosial, dengan tujuan untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar. Outcome dari semua proses Progres LU bertujuan untuk mengembangkan fungsi sosial (fungsional capabilities) lanjut usia sehingga dapat kembali ke masyaraakt (back to societ).

SIMBOLIS LU 1.jpg

Pada masa pandemi Covid-19 Bantuan Sosial Progres LU dilakukan upaya strategis dan terarah, dalam pelaksanaan Program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Tahun 2020 dengan harapan memenuhi kebutuhan lanjut usia pada situasi darurat akibat meluasnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

IMG-20200506-WA0021.jpg

Tahun 2020 Mekanisme Penyaluran Progres LU Melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Gau Mabaji Goa Makasar kemudian cash transfer ke rekening Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) selaku lembaga yang melaksanakan proses penyaluran kepada lanjut usia penerima manfaat. Sasaran penerima adalah lanjut usia berusia 60 tahun, miskin, potensial dan non potensial, memiliki NIK dan terdampak Covid-19 Adapun nominal bantuan sebesar 2.700.000 / lanjut usia dengan rincian: a. Bantu LU Rp 1.500.000,- b. Perawatan Sosial Rp. 350.000,- c. Dukungan Keluarga Rp. 500.000,- d. Terapi Rp. 350.000,-

Di Kalimantan Tengah sebanyak 520 orang lanjut usia penerima Progres LU dengan total jumlah Rp. 1.404.000.000,- (Satu Miliyar Empat Puluh Empat Juta Rupiah) yang disalurkan melalui 11 (sebelas) Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) Kabupaten/Kota yaitu :

  1. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya ( 80 orang )
  2. LKS-LU Tulus Hati Kota Palangka Raya ( 80 orang )
  3. LKS-LU Hosiana Indah Bahagia Kota Palangka Raya ( 45 orang )
  4. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya Cabang Kabupaten Kapuas ( 45 orang )
  5. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya Cabang Kabupaten Gunung Mas ( 35 orang)
  6. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya Cabang Kabupaten Barito Selatan ( 35 orang )
  7. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya Cabang Kabupaten Barito Utara (35 orang)
  8. LKS-LU Uluh Bakas Kabupaten Kotawaringin Timur ( 45 orang )
  9. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya Cabang Kabupaten Kotawaringin Barat (45 orang)
  10. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya Cabang Kabupaten Lamandau( 45 orang)
  11. LKS-LU Mutiara Hati Kota Palangka Raya Cabang Kabupaten Sukamara ( 40 orang )

Dalam masa pandemi Covid-19 kendala yang terjadi dilapangan saat pelaksanaan penyaluran bantuan sosial Progress LU tahun 2020 di Koordinasikan bersama Kepala Seksi Lanjut Usia dan Tenaga Profesional Lanjut Usia melalui Teleconference Aplikasi Zoom sehingga di temukan solusi sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan.

IMG-20200601-WA0019.jpg

Pada bulan Juli 2020 LKS-LU Provinsi Kalimantan Tengah telah menyelesaikan penyusunan Pertanggung Jawaban Laporan Bantuan Sosial Progres LU dalam bentuk Softfile dan Hardfile ke BRSLU Gau Mabaji, Kementerian Sosial RI dan Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah. Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Penyaluran Progres LU tahun 2020 di lakukan oleh Kementerian Sosial RI, BRSLU Gau Mabaji Gowa Makassar, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan Tenaga Profesional Lanjut Usia agar Program dapat berjalan secara maksimal.

Gambar Berkaitan