VAKSINASI COVID-19 BAGI PENERIMA MANFAAT UPT-PSBL  PAMBELUM DALAM MEWUJUDKAN IMUNITAS KELOMPOK

VAKSINASI COVID-19 BAGI PENERIMA MANFAAT UPT-PSBL PAMBELUM DALAM MEWUJUDKAN IMUNITAS KELOMPOK

Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah salah satu fungsinya adalah memberikan pelayanan rehabilitasi sosial kepada para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yaitu melaksanakan rehabilitasi sosial bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) melalui UPT-PSBL Pambelum yang melayani rehabilitasi sosial kepada 10 Orang Penerima Manfaat (PM).

Kondisi Pandemi Covid-19 yang dialami oleh Provinsi Kalimantan Tengah khususnya Kota Palangka Raya pada semester I Tahun 2021 berada pada ambang yang mengkhawatirkan dan berada pada zona merah dengan status PPKM level 4. Hal tersebut menuntut UPT-PSBL Pambelum untuk menjamin kesehatan PM melalui vaksinasi untuk mewujudkan imunitas kelompok.

Seiring percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Kota Palangka Raya, UPT-PSBL Pambelum menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya memberikan pelayanan vaksinasi bagi 10 orang PM. Kerjasama tersebut membuahkan hasil sehingga dapat dilaksanakan pelayanan Vaksinasi Covid-19 bagi 10 orang PM yang dilaksanakan oleh Petugas Vaksinasi UPT Puskesmas Kayon Palangka Raya pada tanggal 18 Juni 2021.


Vaksin Covid-19 Tahap 1 bagi PM di UPT-PSBL Pambelum pada tanggal 18 Juni 2021 oleh Petugas Vaksinasi dari UPT-Puskesmas Kayon Kota Palangka Raya

Pemberian Vaksinasi Covid-19 Tahap 1 bagi 10 Orang PM sangat bermanfaat bagi lingkungan asrama PM. Dimana kekebalan kelompok dalam mempertahankan imunitas para PM dapat terwujud.

Kekebalan kelompok atau herd Immunity merupakan situasi sebagian besar masyarakat terlindung/kebal terhadap penyakit tertentu dan turut melindungi kelompok masyarakat yang rentan. Para PM yang ada di UPT-PSBL Pambelum merupakan kelompok rentan yang berasal dari keluarga tidak mampu dan jarang mendapatkan akses, baik itu pelayanan kesejahteraan maupun pelayanan kesehatan dan lain-lain.

Vaksinasi tahap 1 yang diterima oleh para PM berdampak positif, salah satu contoh adalah ketika 3 orang ASN UPT-PSBL Pambelum terpapar virus, beberapa PM yang pernah berkontak erat tidak mengalami gejala sakit Covid-19.

Berlanjut pada pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 bagi 10 orang PM pun mengalami kendala. Memasuki bulan Juli hingga Agustus 2021, dimana 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah salah satunya Kota Palangka Raya mengalami lonjakan infeksi dan kematian yang meningkat akibat Covid-19, berakibat mundurnya pelaksanaan vaksinasi tahap 2 di UPT-PSBL Pambelum. Kendala tersebut antara lain ketersediaan stok vaksin yang kosong, tenaga medis Pusekemas Kayon yang terpapar virus dan pengaturan ulang jadwal untuk vaksinasi di sasaran lainnya.

Pada tanggal 16 Agustus 2021 (pagi) Petugas UPT-PSBL Pambelum menerima kabar bahwa akan dilaksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 bagi 10 orang PM di UPT-PSBL Pambelum. Informasi tersebut segera ditindaklanjuti dengan mempersiapkan tempat dan 10 orang PM agar siap menerima vaksin tahap 2 tersebut. Tidak menunggu waktu lama, pukul 08.30 WIB para petugas vaksinasi dari UPT-Puskesmas Kayon Kota Palangka Raya tiba di UPT-PSBL Pambelum untuk memberikan Vaksinasi Covid-19 bagi 10 orang PM diawali dengan pemeriksaan kondisi kesehatan (screening) oleh petugas vaksinasi.

(ditulis oleh : Junius Saputra, SST – Pekerja Sosial Ahli Pertama pada UPT-PSBL Pambelum)



Gambar Berkaitan